Oleh: rhodesyup1 | Agustus 18, 2009

9 Pedang Nabi Muhammad SAW Beserta Nama-Namanya!!

Assalamu’alaikum Wr, wb,

saya jadi keinget kalau ada info menarik nih…biasa bos hasil dari copas..mumpung bentar lagi puasa neh, sekalian mereview kembali keagungan Nabi Muhammad SAW.

Ini adalah pedang-pedang yang pernah dipakai oleh Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya untuk berdakwah,  jumlah total pedang yang pernah digunakan ada 9 buah.

1. Al Ma’thur

Al Matthur
Juga dikenal sebagai ‘Ma’thur Al-Fijar’ adalah pedang yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW sebelum dia menerima wahyu yang pertama di Mekah. Pedang ini diberi oleh ayahnya, dan dibawa waktu hijrah dari Mekah ke Medinah sampai akhirnya diberikan bersama-sama dengan peralatan perang lain kepada Ali bin Abi Thalib.

Sekarang pedang ini berada di Museum Topkapi, Istanbul. Berbentuk blade dengan panjang 99 cm. Pegangannya terbuat dari emas dengan bentuk berupa 2 ular dengan berlapiskan emeralds dan pirus. Dekat dengan pegangan itu terdapat Kufic ukiran tulisan Arab berbunyi: ‘Abdallah bin Abd al-Mutalib’.

Foto diambil oleh Muhammad Hasan Muhammad al-Tihami, Suyuf al-Rasul wa ‘uddah harbi-hi (Cairo: Hijr, 1312/1992).

2. Al Adb

Al Adb
Al-‘Adb, nama pedang ini, berarti “memotong” atau “tajam.” Pedang ini dikirim ke para sahabat Nabi Muhammad SAW sesaat sebelum Perang Badar. Dia menggunakan pedang ini di Perang Uhud dan pengikut-pengikutnnya menggunakan pedang ini untuk menunjukkan kesetiaan kepada Nabi Muhammad SAW. Sekarang pedang ini berada di masjid Husain di Kairo Mesir.

Foto diambil oleh Muhammad Hasan Muhammad al-Tihami, Suyuf al-Rasul wa ‘uddah harbi-hi (Cairo: Hijr, 1312/1992).

3.Dhu Al Faqar

Dhu Al Faqar
Dhu Al Faqar adalah sebuah pedang Nabi Muhammad SAW sebagai hasil rampasan pada waktu perang Badr. Dan dilaporkan bahwa Nabi Muhammad SAW memberikan pedang ini kepada Ali bin Abi Thalib, yang kemudian Ali mengembalikannya ketika Perang Uhud dengan bersimbah darah dari tangan dan bahunya, dengan membawa Dhu Al Faqar di tangannya. Banyak sumber mengatakan bahwa pedang ini milik Ali Bin Abi Thalib dan keluarga. Berbentuk blade dengan dua mata.

Foto diambil oleh Muhammad Hasan Muhammad al-Tihami, Suyuf al-Rasul wa ‘uddah harbi-hi (Cairo: Hijr, 1312/1992).

4.Al Battar

Al BattarAl Battar adalah sebuah pedang Nabi Muhammad SAW sebagai hasil rampasan dari Banu Qaynaqa. Pedang ini disebut sebagai ‘Pedangnya para nabi‘, dan di dalam pedang ini terdapat ukiran tulisan Arab yang berbunyi : ‘Nabi Daud AS, Nabi Sulaiman AS, Nabi Musa AS, Nabi Harun AS, Nabi Yusuf AS, Nabi Zakaria AS, Nabi Yahya AS, Nabi Isa AS, Nabi Muhammad SAW’. Di dalamnya juga terdapat gambar Nabi Daud AS ketika memotong kepala dari Goliath, orang yang memiliki pedang ini pada awalnya. Di pedang ini juga terdapat tulisan yang diidentifikasi sebagai tulisan Nabataean. Sekarang pedang ini berada di Museum Topkapi, Istanbul. Berbentuk blade dengan panjang 101 cm. Dikabarkan bahwa ini adalah pedang yang akan digunakan Nabi Isa AS kelak ketika dia turun ke bumi kembali untuk mengalahkan Dajjal.

Foto diambil oleh Muhammad Hasan Muhammad al-Tihami, Suyuf al-Rasul wa ‘uddah harbi-hi (Cairo: Hijr, 1312/1992).

gambar ukiran nama-nama para nabi di dalamnya :
Al Battar-2Al Batar-3Al batar prophets
gambar Nabi Daud AS memenggal kepala Goliath:
Al Batar Figure
5.Hatf

Al Hatf
Hatf adalah sebuah pedang Nabi Muhammad SAW sebagai hasil rampasan dari Banu Qaynaqa. Dikisahkan bahwa Nabi Daud AS mengambil pedang ‘Al Battar’ dari Goliath sebagai rampasan ketika dia mengalahkan Goliath tersebut pada saat umurnya 20 tahun. Allah SWT memberi kemampuan kepada Nabi Daud AS untuk ‘bekerja’ dengan besi, membuat baju baja, senjata dan alat perang, dan dia juga membuat senjatanya sendiri. Dan Hatf adalah salah satu buatannya, menyerupai Al Battar tetapi lebih besar dari itu. Dia menggunakan pedang ini yang kemudian disimpan oleh suku Levita (suku yang menyimpan senjata-senjata barang Israel) dan akhirnya sampai ke tangan Nabi Muhammad SAW. Sekarang pedang ini berada di Musemum Topkapi, Istanbul. Berbentuk blade, dengan panjang 112 cm dan lebar 8 cm.

Foto diambil oleh Muhammad Hasan Muhammad al-Tihami, Suyuf al-Rasul wa ‘uddah harbi-hi (Cairo: Hijr, 1312/1992).

6.Al Mikhdham
Al Mikhdham
Ada yang mengabarkan bahwa pedang ini berasal dari Nabi Muhammad SAW yang kemudian diberikan kepada Ali bin Abi Thalib dan diteruskan ke anak-anaknya Ali. Tapi ada kabar lain bahwa pedang ini berasal dari Ali bin Abi Thalib sebagai hasil rampasan pada serangan yang dia pimpin di Syria. Sekarang pedang ini berada di Museum Topkapi, Istanbul. Berbentuk blade dengan panjang 97 cm, dan mempunyai ukiran tulisan Arab yang berbunyi: ‘Zayn al-Din al-Abidin’.

Foto diambil oleh Muhammad Hasan Muhammad al-Tihami, Suyuf al-Rasul wa ‘uddah harbi-hi (Cairo: Hijr, 1312/1992).

7.Al Rasub

Al RasubAda yang mengatakan bahwa pedang ini dijaga di rumah Nabi Muhammad SAW oleh keluarga dan sanak saudaranya seperti layaknya bahtera (Ark) yang disimpan oleh bangsa Israel.

Sekarang pedang ini berada di Museum Topkapi, Istanbul. Berbentuk blade dengan panjang 140 cm, mempunyai bulatan emas yang didalamnya terdapat ukiran tulisan Arab yang berbunyi: ‘Ja’far al-Sadiq’.

Foto diambil oleh Muhammad Hasan Muhammad al-Tihami, Suyuf al-Rasul wa ‘uddah harbi-hi (Cairo: Hijr, 1312/1992).

8.Al Qadib
Al QabidAl-Qadib berbentuk blade tipis sehingga bisa dikatakan mirip dengan tongkat. Ini adalah pedang untuk pertahanan ketika bepergian, tetapi tidak digunakan untuk peperangan. Ditulis di samping pedang berupa ukiran perak yang berbunyi syahadat: “Tidak ada Tuhan selain Allah, Muhammad Rasul Allah – Muhammad bin Abdallah bin Abd al-Mutalib.” Tidak ada indikasi dalam sumber sejarah bahwa pedang ini telah digunakan dalam peperangan. Pedang ini berada di rumah Nabi Muhammad SAW dan kemudian hanya digunakan oleh khalifah Fatimid.

Sekarang pedang ini berada di Museum Topkapi, Istanbul. Panjangnya adalah 100 cm dan memiliki sarung berupa kulit hewan yang dicelup.

Foto diambil oleh Muhammad Hasan Muhammad al-Tihami, Suyuf al-Rasul wa ‘uddah harbi-hi (Cairo: Hijr, 1312/1992).

9.Qal’a

Al QalaPedang ini dikenal sebagai “Qal’i” atau “Qul’ay.” Nama yang mungkin berhubungan dengan tempat di Syria atau tempat di dekat India Cina. Ulama negara lain bahwa kata “qal’i” merujuk kepada “timah” atau “timah putih” yang di tambang berbagai lokasi. Pedang ini adalah salah satu dari tiga pedang Nabi Muhammad SAW yang diperoleh sebagai rampasan dari Bani Qaynaqa. Ada juga yang melaporkan bahwa kakek Nabi Muhammad SAW menemukan pedang ini ketika dia menemukan air Zamzam di Mekah.

Sekarang pedang ini berada di Museum Topkapi, Istanbul. Berbentuk blade dengan panjang 100 cm. Didalamnya terdapat ukiran bahasa Arab berbunyi: “Ini adalah pedang mulia dari rumah Nabi Muhammad SAW, Rasul Allah.” Pedang ini berbeda dari yang lain karena pedang ini mempunyai desain berbentuk gelombang.

Foto diambil oleh Muhammad Hasan Muhammad al-Tihami, Suyuf al-Rasul wa ‘uddah harbi-hi (Cairo: Hijr, 1312/1992).

Wassalamu’alaikum

sumber : http://www.usna.edu/Users/humss/bwhe…of_swords.html, http://www.kaskus.com.


Responses

  1. josef,,, agama kalian itu palsu,,kitabmu ajja tiap tahun di ganti,tuhan kamu ajja tidak pernah mengakui diri nya tuhan hanya jkalian saja yg mengakui dan menjadikan nabi isa tuhan,,bukankah nabi isa telah berbicara jujur dalam kitabmu bahwa dirinya itu adalah ANAK TUHAN bukan tun,,

  2. josep gunawan kampang sira kien menawah di laknat oleh allah swt..
    ya allah emang kampang josef gunawan iku… anjing babi makan tuh tolol.

  3. coba anda cari informasi tentang islam secara benar,tidak dengan buruk sangka.saya yakin anda akan bicara benar

  4. bagaimana de gan pedang dzulfikar yang di hadiahkan kepada ali

  5. Dikitabku Al Qur’an menyebutkan isi dari kitab2 yg lain…dikitabmu apa ada…jd yg kamu tau hanya sampulnya aj…skrng siapa yg dsebut bangga akan ssuatu yg mbuat malu diri sendiri…ya kamulah josep….!!!

  6. Kasihan josef gunawan…salah memilih kitab injil…

  7. bodoh kalian….Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah yang agung….. bangayknya pedang tandanya hebat jika dibandingkan kebodohkan kalian menyimbulkan Isa Al-Masih itu menyalib dirinya…sedang Nabi Isa itu menyembah Allah dan memperakui Nabi Muhammad,,tidak penah mengaku dirinya tuhan mahupun anak tuhan..kalian itu sahaja bodoh mengikut keturunan mu membabi buta….pelajarilah agama Islam..baru kalian tahu

  8. Cocokoligi. omong kosong.
    pedang zulfikar bentuknya gak begitu. artikelnya meragukan.

  9. Jgn sling meributkan tentang agama krna di alquran ada palajaran lakum di nukhum waliadin. . . . Bgiku agama ku bgimu agamamu. Ada trdapat pda 9 pdang salah satu’y yg bs km plajari.

  10. Ini adalah postingan sejarah kami umat islam,,janganlah kalian menyindir atau apa,,masing2 aja,,kita punya sejarah yang patut kita jaga dan ketahui,, dan pedang adalah sebuah simbol yang banyak arti,,kalo kalian berfikir,, hati2 jangan terjebak terhadap oknum yang ingin mempermusuhkan umat beragama,,karena siapa saja orang yang ingin membuat peperangan merekalah orang Kafir,, umat beragama adalah umat yang damai, saling menghargai dan penuh toleransi..terima kasih

  11. beuh…orng kristen/kristus beniqus…ga pernah tau bahwa nabi isa.as. ga pernah d salib…menurut keterangan…bahwa nabi isa.as tuh d bwa sma allah.swt. dan d tukar lah sma yg nama nya yudas dan d rubah wjah c yudas di smakan sma nabi isa.as. nah jd yg sbnr nya klian sembah adalah c yudas…

  12. Katax tuhan yosep,…pie kenapa d salib aja ngak boleh turun,…terus porno tau cmn pake celana dalam

  13. Josef, jangan berkomentar kalau tidak tau apa-apa. Disini tidak ada membahas agama dan tuhanmu.

  14. nabi yg lemah yg mudah di salip ampe mampus kok di jdi in tuhan. seharus’a yg nyalip thu yg kmu jdi in tuhan.

  15. 1. Mengapa disebut pedang Nabi Muhammad? wajahnya saja ga tahu? ga ada tanda tangan atau tulisan yang mengesahkan bahwa pedang itu adalah pedang Nabi.
    2. Dengan dipamerkannya pedang NAbi, apakah teman-teman ga tahu efek buruknya, yaitu :
    a. pedang untuk senjata entah untuk bertahan atau membunuh, sehingga konotasinya Nabi suka membunuh, iya khan? masa pedang buat ngupas bawang.
    b. nabi-nabi lain, membawa tanda-tanda yang lembut bahkan membawa salib sebagai pengorbanan hidup bagi umat-Nya, lha ini pedang..tanda kekerasan dan pembantaian.

    Jadi teman-teman, jangan bangga dengan sesuatu yang sebenarnya memperrmalukan diri sendiri.

    • logikanya sih itu kan berdasarkan sejarah dan riwayat turun menurun jadi bisa saja itulah yg di informasikan sebagai pedang yg pernah di pakai oleh Rasul. dan untuk yg pertanyaan kedua. semua sudah jelas di katakan di dalam Al-Qur’an. nabi berperang melawan kafir, yang menindas islam. anda tau istilah Jihad ? semoga bermanfaat:)

      • Mereka tidak mengetahui ..

    • Orang kalau picik, cara berfikirnya juga lemah…silly and dumb!

    • kalo gitu saya tanya kamu josef gunawan
      1. kenapa kalian menyembah nabi isa, padahal dia gapernah mengaku sebagai tuhan? ada ga tulisan yang berkata bahwa nabi isa/yesus kristus MENGAKU sebagai tuhan?
      kalo pedang kan diteruskan turun temurun.

      2. membawa salib? gapernah nabi isa membawa salib. itu kalian yang menyimbolkannya, teman.
      oh iya, ada satu pernyataan menggelitik tentang salib. menurut kalian kan “yesus kristus mati karena ia disalib, makanya kalian menggunakan salib sebagai simbol, benar? bagaimana kalau dia mati dikursi listrik? apa kalian akan mengalungi kursi listrik juga?

      • oh dan juga, islam itu tidak disebarkan dengan kekerasan.
        dialquran pun tidak ada satupun kata “pedang” dalam bahasa arab. tapi kalo menyangkut pendirian, misalnya kamu dinjek injek orang dan ngancem persatuan umat kamu, masa diem aja?

    • Buat Josef Gunawan.
      sekarang saya mau tanya 1. apakah itu benar seorang Nabi yg bernama Isa As.knapa kamu sebut sbagai Tuhan Yesus dan kalian Sembah apakah itu pantas?
      2.anda sbenar’y bisa memahami baca’an atau tdk bisa membaca d’Kitab anda sudah diterangkan bahwa beliau itu seorang Nabi dan bukan seorang Tuhan yg patut d’sembah.
      3.Sebenar’y Tuhan anda itu siapa?
      Bapa,Yesus,atau mungkin Seorang Gembala yg anda jdkan Tuhan?
      #pelajari KItab anda baek2 yg kitab perjanjian Lama jngan yg perjanjian Baru.

    • josef…..klo loh ga tau sejarah islam jangan bacod….
      loh fikir pasukan romawi ga bengis dan sadis….sampe sekarang kaum romawi membantai ,menindas,membunuh,merampok,memperbudak dan menghina kami kaum muslimin……
      -lihat berapa banyak kaum muslimin dibantai saat perebutan yerussalem pada perang salib…..baru setelah itu salahuddin al ayyubi merebut kembali yerussalem tapi bukan dengan cara membantai penduduknya,,,,,
      -ketika kaum barat menjajah indian dan membantai 100 juta lebih rakyat Indian,,,,,dan sekarang para ilmuan sejarah dan para ahli sudah mulai menemukan terkuaknya fakta bahwa bukan colombus penemu benua amerika pertama kalinya,,,,,tetapi Islam yg menemukan………
      -ketika Perang dunia 1 dan 2 siapa yg dibelakangnya…..kaum Romawi…..bukan Islam
      -pembantaian kaum muslimin di irak,suriah,afganistan,pakistan,rohingya,thailand,philifina,afrika,mesir,dll………siapa dibelakang semua itu,,,,,kaum romawi…..yaitu amerika dan eropa…..

      jadi jangan anda mengatakan seolah islam itu suka berperang…..kaum muslimin hanya membela dan melindungi Agama,harta,dan diri mereka dari musuh yg mau menyerangnya…….

      sekian dan terimakasih

  16. subhanalloh Allohumma Sholi wa salim wa barik alaih… izin kopi


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: