Oleh: rhodesyup1 | Mei 20, 2014

Keraguan-keraguan Yang Jelas Dalam Memahami As-Sunnah

akhlak-nabi-muhammad-saw

Asy  Syubuhat  Al  Waridah  Hawla  As  Sunnah  An  Nabawiyyah (KERAGUAN-KERAGUAN    YANG  JELAS  DALAM  MEMAHAMI  AS-SUNNAH).

MUQADDIMMAH  :

Tulisan  ini  dibuat  sebagai  bantahan  dari  kalangan  Ahlul  Bait  terhadap  aliran  yang  mengatasnamakan  Ahlul  Bait  lalu  kemudian  mencela  sahabat  Nabi  yang  lain,  yang  dikenal  sebagai  faham  Syi’ah  Imamiyyah  Al-Itsna  ‘Asyariyyah  -hadahumullah  (semoga  Allah  SWT  memberi  hidayah  bagi  mereka-  Amin.

a. Tidak  pernah  ada  satupun  dikalangan  para  shahabat  ra  pada  masa  nabi  SAW  meragukan  perintah  nabi  SAW,  tentang  wajibnya  ittiba  (mengikuti)  dan  menyampaikan  semua  risalah  beliau  SAW  kepada  semua  manusia  dan  kepada  generasi  sesudah  mereka,  sehingga  Tidak  ada  yang  mereka  sembunyikan  satupun  dari  perintah  dan  perkataan  nabi  saw.

b. Para  shahabat  ra  pun  Tidak  pernah  memandang  kepada  sahabat  lainnya  dengan  pandangan  meragukan,  apalagi  permusuhan.  Bahkan  mereka  selalu  bersatu  dalam  aqidah  yang  sama,  tujuan  yang  sama  dan  kecintaan  kepada  nabi  yang  sama.

c. Mereka  para  sahabat  ra  hidup  dalam  cinta-mencintai,  saling  tolong-menolong  serta  saling  mendahulukan  kepentingan  sesama  saudaranya,  sehingga  turun  pujian  dari  sisi  Allah  SWT  :  “Dan  orang-orang  yang  telah  menempati  kota  Madinah  dan  telah  beriman  sebelumnya,  mereka  mencintai  para  muhajirin,  dan  mereka  tidak  menaruh  keinginan  dalam  hati  mereka  thd  apa  yang  diberikan  kepada  muhajirin  itu,  dan  mereka  mengutamakan  muhajirin  lebih  dari  diri  mereka  sendiri  sekalipun  mereka  sdari  sdengan  dalam  kesulitan.  Maka  barangsiapa  yang  dipelihara  dari  kekikiran  darinya,  mereka  itulah  orang  yang  beruntung”.  (Al-Hasyr:9)

d. Pada saat  nabi  SAW  wafat  maka  nampak  realitas  saling  mencintai  dikalangan  mereka,  memang  terjadi  ikhtilaf  (perbedaan  pendapat)  karena  masalah  ini  merupakan  masalah  wala  kepada  pemimpin  tertinggi,  tetapi  mereka  tetap  menjaga  perasaan  cinta,  adab  berbicara  serta  berdiskusi  yang  menakjubkan.

PERISTIWA  TSAQIFAH  BANI  SA’IDAH  :

Berkumpul  orang-orang  Anshar  di  Tsaqifah  setelah  wafatnya  nabi  SAW  untuk  membicarakan  tentang  bagaimana  dan  siapa  amir/khalifah  setelah  wafatnya  nabi  SAW?  Maka  datanglah  beberapa  orang  muhajirin  dibawah  pimpinan  Abubakar  ra  dan  Umar  ra  untuk  ikut  berdiskusi.  Maka  orang-orang  Anshar  ingin  memvote  Ubadah  bin  Shamit  ra,  sementara  orang  Muhajirin  ingin  membai’at  Abubakar  ra,  maka  Abubakar  ra  sambil  mengangkat  tangan  Ubadah  dan  Umar  berkata  :  “Inilah  Umar  dan  abu  Ubaidah,  maka  berbai’atlah  kalian  kepada  salah  satu  diantara  keduanya”..!!  Maka  mendengar  itu  Umar  dan  abu  Ubaidah  menangis,  berkatalah  Umar  ra  :  “Demi  Allah  engkau  lebih  utama  dari  kami  wahai  orang  kedua  dari  2  orang  (At-Taubah:40),  maka  jawab  Abubakar  :  “Tetapi  engkau  jauh  lebih  kuat  dariku  wahai  Umar!”.  Maka  jawab  Umar  :  “Kekuatanku  bersama-sama  dengan  keutamaanmu”.  Lalu  Umar  langsung  berbai’at  pada  Abubakar  diikuti  para  muhajirin,  lalu  diikuti  Anshar,  sampai-sampai  dalam  sirah  Ibnu  Hisyam  disebutkan  hamper-hampir  orang-orang  saling  menginjak  satu  dengan  yang  lainnya  karena  takut  tertinggal  dalam  berbai’at.  Kecuali  beberapa  sahabat  seperti  Ali  ra,  Abbas  ra,  dan lai-lain  yang  sedang  sibuk  mengurus  jenazah  nabi  SAW  (karena  mereka  memang  keluarga  nabi  SAW  yang  wajib  mengurus  jenazah  nabi  SAW),  setelah  selesai  mengurus  nabi  SAW,  maka  Ali  ra  dan  keluarga  nabi  SAW  pun  membai’at  Abubakar,  sehingga  sempurnalah  kekhilafahan  sehingga  datangnya  fitnah  dimasa  Utsman  ra.

KESAKSIAN  AHLUL  BAIT  RA  TENTANG  PARA  KHALIFAH  SEBELUMNYA

a. Pendapat  Ali  ra  tentang  para  sahabat  ra  :  “Saya  melihat  sendiri  semua  sahabat  Rasulullah  saw.  Tidak  seorangpun  dari  kalian  yang  dapat  menyamai  mereka,  mereka  siang  hari  bergelimang  pasir  dan  debu  di  medan  perang,  sedang  malam  hari  banyak  berdiri,  ruku’  dan  sujud,  silih-berganti,  nampak  bekas-bekas hitam  di  dahi  mereka,  seolah  mereka  berpijak  di  atas  bara  api  bila  mereka  ingat  hari  pembalasan,  bila  mereka  ingat  pada  Allah  berlinang  airmata  mereka  sampai  membasahi  baju  mereka,  mereka  bergontai  seperti  bergontainya  pohon  yang  dihembus  angin  karena  takutnya  kepada  siksa  Allah,  serta  mengharap  pahala  dari  Allah.[1].

b. Pendapat  Ali  ra  tentang  sahnya  khalifah  sebelumnya  :  “Orang  yang  membai’atku  adalah  orang  yang  membai’at  Abubakar,  Umar  dan  Utsman  dengan  bai’at  yang  sama.  Bukankah  bagi  orang  yang  hadir  untuk  memilih  dan  bagi  orang  yang  tidak  hadir  untuk  menerima?  Tapi  sesungguhnya  ia  adalah  syura  yang  dimiliki  oleh  Muhajirin  dan  Anshar.  Mereka  telah  sepakat  pada  seseorang  untuk  menjadi  Imam,  ini  adalah  keridhaan  Allah.  Barangsiapa  yang  keluar  dari  kesepakatn  maka  ia  keluar  dengan  tikaman  atau  perbuatan  mengada-ada dan  wajib  untuk  mengembalikan  orang  itu  dari  penyimpangannya,  dan  bila  ia  menolak  maka  perangilah  ia.[2]

c. Kata-kata  Ali  ra  yang  lain  tentang  sahnya  kekhalifahan  sebelumnya  :  “Seandainya  kami  Tidak  melihat  bahwa  Abubakar  pantas  memegang  kekhalifahan  maka  niscaya  kamilah  yang  pertama  Tidak  membiarkannya.  [3]

d. Muhammad  al  Baqir  bin  Ali  bin  al-Husein  ra  ketika  ditanya  :  Apakah  Abubakar  dan  Umar  telah  menzhalimi  hak  anda  atau  mengambil  hak  anda?  Maka  beliau  menjawab  :  “Tidak,  demi  Allah  yang  telah  menurunkan  al-Qur’an  kepada  hamba-NYA,  mereka  berdua  Tidak  pernah  menzalimi  hak  kami  walau  sebesar  biji  sawi![4]

e. Muhammad  al  Baqir  ditanya  tentang  perbedaan  pendapat  antara  Fathimah  ra  dengan  Abubakar  ra  tentang  tanah  Fadak,  maka  ia  menjawab  :  “Demi  Allah!  Jika  khilafah  pada  saat  itu  berada  di  tanganku,  pasti  aku  akan  memutuskan  dengan  keputusan  Abubakar![5]

KEAKRABAN  AHLUL-BAIT  RA  DENGAN  PARA  KHALIFAH  YANG  LAIN

a. Diriwayatkan  dari  Imam  Bukhari  dari  Uqbah  bin  Harits  ra,  bahwa khalifah  Abubakar  pernah  shalat  Ashar,  setelah  keluar  ia  melihat  al-Hasan  bin  Ali  ra  sedang  bermain-main,  maka  segera  beliau  kejar  dan  digendong  di  atas  pundaknya  sambil  berkata  :  “Demi  Allah SWT anak  ini  lebih  mirip  dengan  Rasulullah  saw  daripada  Ali.”  Mendengar  ucapan  itu  Ali  yang  ada  disampingnya  tertawa.[6]

b. Diriwayatkan  dari  Husein  bin  Ali  ra,  bahwa  khalifah  Umar  ra  pernah  berkata  padaku  suatu  hari  :  “Wahai  putraku,  maukah  kau  datang  kepadaku?”  Maka  suatu  hari  aku  datang  kermhnya  dan  kudapatkn  beliau  sdengan  bercakap-cakap dengan  Mu’awiyah  sementara  putranya  Ibnu  Umar  duduk  di  pintu  karena  tidak  berani  mau  masuk,  maka  aku  segera  kembali.  Suatu  hari  ketika  aku  bertemu  kembali  dengan  khalifah  maka  beliau  berkata  :  “Mengapakah  engkau  Tidak  mau  datang  kepadaku?.”  Jawabku  :  “Aku  telah  datang  kepadamu  wahai  amirul  mu’minin,  tapi  kudapatkan  engkau  sedang  bercakap  dengan  Mu’awiyah  sementara  anakmu  saja  tidak  berani  masuk,  maka  akupun  segera  pulang”.  Maka  kata  Umar  ra  :  “Demi  Allah,  engkau  jauh  lebih  berhak  untuk  masuk  ke  rumahku  daripada  anakku  sendiri,  tidakkah  engkau  lihat  uban  dikepalaku  ini?  Sesungguhnya  yang  kupikirkan  adalah  Allah  dan  kalian  wahai  ahlul  bait”.  Sambil  Umar  ra  meletakkan  tangannya  dikepalanya.  [7]

c. Diriwayatkan  oleh  Ibnu  Sa’ad  dari  Ja’far  as  Shadiq  dari  Muhammad  al-Baqir  dari  Ali  Zainal  Abidin  dari  al-Husein  ra  katanya  :  Telah  datang  pada  khalifah  Umar  pakaian  dari  Yaman,  lalu  segera  dibagi-bagikannya  pada  kaum  muslimin  yang  sedang  di  mesjid  nabawi,  setelah  pembagian  itu  tiba-tiba  cucu  nabi  SAW  Hasan  dan  Husein  keluar  dari  kamar  bundanya  Fatimah  ra  melangkahi  para  hadirin,  maka  Umar  ra  segera  turun  dari  mimbar  menyongsong  keduanya  sambil  berkata  :  “Demi  Allah yang  jiwa  Umar  berada  ditangan-Nya,  hatiku  tidak  akan  tenang  sebelum  bisa  memberikan  kedua  cucu  Rasulullah  saw  ini  pakaian!”  Maka  ia  menulis  surat  pada  gubernurnya  di  Yaman  agar  mengirimkan  2  pakaian  khusus  untuk  al-Hasan  dan  al-Husein.[8]

d. Begitu  erat  dan  indahnya  hubungan  ahlul  bait  Nabi  saw  dengan  para  khalifah  sehingga  Ali  ra  menikahkan  salah  seorang  putrinya  bernama  Ummu  Kultsum  dengan  Umar  ra  dan  Ali  ra  pun  menamai  beberapa  putranya  dengan  Abubakar,  Umar  dan  Utsman.[9]

PARA  AHLUL  BAIT  NABI  SAW  TIDAK  PERNAH  MEMANFAATKAN  NASABNYA

a. Diriwayatkan  bahwa  al-Husein  ra  pernah  berbelanja  di  pasar,  maka  ia  menawar  barang  ketika  penjual  barang  itu  tahu  bahwa  ia  adalah  cucu  Nabi  saw,  maka  iapun  menurunkan  harga  barangnya  karena  hormatnya  pada  beliau,  tetapi  al-Hasan  tidak  mau  menerimanya  dan  tidak  jadi  berbelanja,  ia  berkata  :  “Aku  Tidak  rela  menggunakan  kedekatan  hubunganku  dengan  nabi  saw  untuk  urusan  duniawi”.  Kejaidian  itu  dikomentari  oleh  Juwairiyyah  bin  Asma  slh  seorang  pelayan  Ali  bin  Husein,  katanya  :  “Belum  pernah  Ali  bin  Husein  makan  1  dirham pun  yang  didapatnya  dari  memanfaatkan  kedekatan  beliau  dengan  nabi  saw!”

b. Diriwayatkan  bahwa  Ali  Zainal  Abidin  bin  Husein  tidak  pernah  memberitahu  orang  lain  saat  akan  bepergian,  ketika  ditanya  mengapa,  belia  menjawab  :  “Aku  tidak  suka  mendapat  penghormatan  orang  lain  karena  dekatnya  kekerabatanku  dengan  Rasulullah saw.[10]

Allahumma  arinal  haqqa  haqqan  warzuqnat  tibaah,  wa  arinal  bathila  bathilan warzuqnajtinabah

_________________________________________________________________________________

Sumber : http://www.al-ikhwan.net/keraguan-keraguan-yang-jelas-dalam-memahami-as-sunnah/
[1]  Nahjul  Balaghah,  DARI  Subkhi  Shalih,  Darul  Kutub  al-Lubnani,  Bairut,  hal.143.
[2]  Nahjul  Balaghah,  Ibnu  Abil  Hadid,  jilid  3,  hal  7,  Darul  Ma’rifah,  Beirut
[3]  Ibid,  jilid  1,  hal  30.
[4]  Ibid,  jilid  4,  hal  82.
[5]  Ibid,  jilid  4,  hal  42.
[6]  Shahih  Bukhari,  Kitabul  Manaqib,  bab  Shifat  nabi  SAW,  jilid-I,  hal.501.
[7]  Kanzul  Ummal,  jilid  7  hal  105  dan  al-Ishabah,  jilid  1  hal  133,  dengan  sanad  yang  shahih.
[8]  Ibid,  jilid  7,  hal  106
[9]  Abqariyyatul  Imam,  hal.95,  Darul  Futuh,  Kairo.
[10]  Wafayatul  A’yan  li  Ibni  Khaliqan,  jilid  2,  hal  434,  maktabah  Nahdhah,  Kairo.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: