Oleh: rhodesyup1 | Desember 2, 2017

Sukses Membuka Usaha Sendiri bagi Pemula

peluang usaha

Start-Up Sukses Menjaring Investor
Membujuk investor untuk memberikan dananya, bukan perkara mudah. Beberapa pemilik bisnis start-up membagi rahasia mereka untuk menarik minat investor dan mendapatkan dana segar dari mereka.

Beberapa peluang usaha yang ditemui sering kali menjadi pemicu semangat untuk bisa secepatnya direalisasikan. Membuka dan memulai usaha sendiri adalah solusinya.

Saya jadi ingin flash back kembali ke masa-masa saat tahun 2012 lalu. Awal bulan Januari 2012 saya kena PHK massal di tempat saya bekerja dengan tanpa mendapat uang pesangon sama sekali. Waktu itu saya harus menerima kenyataan pahit yang amat sangat dengan menanggung beban biaya bulanan yg cukup besar untuk anak-anak dan istri saya.

Singkat cerita, dengan berbekal relasi beberapa buyer di luar negeri yang mana mereka dengan rasa simpati ingin mensupport saya dengan memberikan order beberapa model furniture yang selama ini mereka sudah rutin pesan.
Berjalannya waktu, saya telah mengirimkan beberapa kontener dengan pesanan dari beberapa buyer. Bekerjasama dengan teman-teman dari tempat perusahaan yg lama, pada akhirnya mereka tidak fair dalam menangani dan tanggung jawab dari komplain barang-barang yang rusak. Dengan sangat terpaksa saya harus mengganti dari kantong saya sendiri kerusakan-kerusakan barang yg di claim oleh buyer. Yah..mau untung malah buntung.

Jika ditelusuri, keinginan memiliki usaha sendiri dilandasi 7 hal berikut,

  • Bosan menjadi karyawan/pegawai
  • Ingin memiliki penghasilan lebih
  • Tidak ingin terikat waktu (karyawan atau pegawai selalu terikat waktu)
  • Punya cita-cita menjadi boss
  • Ingin merubah nasib
  • Melihat peluang bisnis yang menjanjikan
  • Punya modal lebih

Tapi masalahnya, untuk memulai usaha baru tidak semudah yang dibicarakan. Justru yang sering terjadi adalah banyaknya kegagalan saat menjalankan usaha yang baru dirintisnya.

Perahnya lagi, setelah gagal biasanya orang trauma untuk kembali bangkit dari keterpurukan usahanya. Menyedihkan sekali memang.

Akhirnya apa?

Biasanya mereka yang gagal akan kembali ke kehidupan awal, menjadi karyawan lagi atau mungkin malah menganggur. Baiknya sih Anda pikirkan ulang, ingat kembali beberapa mimpi Anda:

Usaha sendiri itu sangat menggiurkan, menjadi boss untuk diri sendiri, waktu kerja bisa lebih fleksible, dan mendapat keuntungan yang besar. Hingga nasib-pun berubah lebih baik.

Itulah mimpi Anda.

Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, itu pepatahnya. Tapi untuk bangkit dari sebuah kegagalan memang tidak mudah.

Oke Guys…sekian dulu sharing dari saya. Terpenting adalah, jangan anda percaya 100% dengan janji manis teman, saudara, bahkan dengan orang yg belum ada kenal sekalipun. Mulailah usaha dengan ide yang kreatif dari otak kita sendiri. Sekian, terima kasih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: